Selasa, 26 Mei 2015

WINDOWS 7



WINDOWS 7
Sejarah Perkembangan Windows
            Semakin pesatnya dunia teknologi dan berkembangnya perteknologian di Indonesia khususnya di bidang perkomputeran, dan banyaknya beredar jenis system operasi termasuk windows 7 merupakan salah satu alas an dari penulis menyusun makalah ini. Windows 7 adalah rilis terkini Microsoft Windows yang menggantikan Windows Vista. Windows 7 adalah sistem operasi terbaru keluaran Micosoft. Berbeda dengan Windows Vista, Windows 7 jauh lebih ringan loadingnya tetapi vitur yang ditawarkan jauh lebih banyak. Dengan berbagai penyempurnaan disana-sini windows 7 tampil elegant dan banyak diminati para user. Menutur penuturan Wikipedia disebutkan bahwa Windows ini memiliki kernel NT 6.1.
Microsoft mengumumkan bahwa pengembangan Windows 7 akan berjalan dalam tiga tahun. Versi klien dari Windows 7 akan dirilis dalam versi 32-bit dan 64-bit walaupun versi servernya (yang akan menggantikan Windows Server 2008) akan dirilis hanya dalam versi 64-bit, yang akan dinamakan Windows Server 2008 R2. Komputer akan memberitahu jika terjadi perubahan pada komputer tersebut. Windows 7 diluncurkan pada tanggal 22 Oktober 2009. Setiap pengguna akan mendapat perlindungan tiga lapis jika ada permintaan mengunduh file dari yang tak dikenal. Windows 7 didesain dengan fitur baru dan peningkatan performa dari Windows Vista. Dengan kata lain, windows 7 hadir dengan berbagai kelebihannya yang tidak dimiliki oleh windows-windows sebelumnya.
Kelebihan & kekurangan windows 7
1.Kelebihan :
a. proses boot/shut down lebih cepat
b. konsumsi daya CPU, hard disk (HD) dan memori yang dibutuhkan       system  service lebih sedikit
c. Mengoptimisasi prefetching baik untuk HD maupun SSD
d. Tampilan Lebih bagus dari segi 3 demensinya yang menonjol
e. Fitur sekurity yang benar-benar ketat.
2.Kelemahan / Kekurangan
a. Beberapa aplikasi belum bisa beroperasi di Windows 7
b. Bug pada Windows Player 12
c. Ada hardware yang bisa langsung dikenali di Vista, tapi tidak di     Windows
KOMPONEN SISTEM WINDOWS 7
Komponen dari sistem operasi windows terdiri  dari :
      Manajemen file windows 7
Manajemen file dalam OS keluaran dari Microsoft Windows dapat dilakukan dengan memanfaatkan fungsi dan faslitas yang ada pada file manager Windows Explorer. Berikut ini merupakan cara-cara untuk membuka windows explorer pada windows 7 :
 Cara 1
Klik kanan pada start menu, kemudian pilih open windows explorer.
Cara 2:
Klik icon windows explorer yang terdapat pada task bar
Cara 3:
Klik start menu pada task bar, klik all program, klik accessories, klik windows explorer.
Cara 4:
Klik start menu pada task bar, tuliskan windows explorer pada kotak search, kemudian akan muncul hasil pencarian untuk windows explorer, klik windows explorer

v  MENU
Menu berisi kumpulan fungsi yang ada pada tampilan graphical user interface (GUI). Dengan menu ini akan memudahkan kita melakukan operasi pada objek file maupun folder.
v  FOLDER DAN FILE
Folder adalah tempat disimpannya satu satu lebih file komputer,sedangkan
File adalah elemen data pada penyimpanan sistem file.
v  TIPE DATA FILE
Tipe data file pada komputer itu berbeda-beda sesuai dengan kebutuhan dan kegunaannya. Tipe data file tersebut dapat berupa file image (gambar), audio (suara), audio-video (suara dan gambar hidup), text, file program, dan sebagainya.
OPERASI FILE DAN FOLDER
Operasi file dan folder relatif mudah jika dilakukan pada file manager seperti Windows Explorer yang telah menggunakan graphical user interface.
Berikut ini beberapa operasi yang sering kali dilakukan pengguna untuk OS Windows 7.
      Membuat folder baru :
Pada windows explorer dalam wimdows 7, berikut beberapa cara untuk membuat folder baru.
Cara 1 : Pilih tempat atau drive yang diinginkan untuk menempatkan folder baru  klik new folder pada menu – muncul folder baru  - tuliskan nama folder yang diinginkan – untuk selesai dapat mengklik folder tersebut atau tekan enter pada keyboard.
Cara 2 : Pilih tempat atau drive yang diinginkan untuk menempatkan folder baru -klik kanan pada tempat kosong di drive tersebut – sorot new - klik folder muncul folder baru, tuliskan nama folder yang diinginkan – untuk selesai dapat mengklik folder tersebut atau tekan enter pada keyboard.
Cara 3 : Klik kanan pada drive yang ingin ditempatkan folder baru – sorot new – klik folder – muncul folder baru – uliskan nama folder yang diinginkan – untuk selesai dapat mengklik folder tersebut atau tekan enter pada keyboard.
      Drag and drop :
            Drag and drop adalah memindahkan item pada layar monitor dengan menekan terus tombol pada mouse atau laptop selama mouse atau tombol pada laptop itu di gerakkan pada posisi item tersebut akan disimpan.
      Rename :
            Rename yaitu mengganti nama file atau folder yang sudah diberi nama sebelumnya dengan nama baru yang kita inginkan.
      Copy :
            Copy adalah menyalin file atau folder tertentu ke tempat atau drive lain yang kita inginkan.
      Delete :
            Delete ialah menghapus file atau folder
Berikut merupakan cara untuk menghapus file atau folder
Cara 1: Tekan tombol del yang terletak pada pojok atas sebelah kanan pada     keyboard – klik yes pada tampilan yang muncul.
Cara 2 : Klik kanan pada file atau folder yang ingin di hapus – pilih delete – klik yes pada tampilan yang muncul – file atau folder pun terhapus.
MANAJEMEN PROSES WINDOWS  7
         MANAJEMEN PROSES WINDOWS  7
Proses adalah sebuah program yang sedang dieksekusi. Sedangkan program adalah kumpulan instruksi yang ditulis ke dalam bahasa yang dimengerti sistem operasi.
Management Process menggunakan Task manager
           
Panggil task manager melalui beberapa cara : 
  1. Melalui Ctrl + Shift + Esc 
  2. Melalui Ctrl + Alt + Del dan pilih Start Task Manager 
  3. Melalui Klik kanan pada task bar dan pilih Start Task Manager
MANAJEMEN MEMORI WINDOWS 7
Manajemen memori adalah suatu kegiatan untuk mengelola memori komputer. Proses ini menyediakan cara mengalokasikan memori untuk proses atas permintaan mereka, membebaskan untuk digunakan kembali ketika tidak lagi diperlukan serta menjaga alokasi ruang memori bagi proses. Pengelolaan memori utama sangat penting untuk sistem komputer.
Fungsi-fungsi Manajemen memori yaitu :
  1. Mengelola informasi memori yang terpakai dan yang tidak terpakai.
  2. Mengalokasikan memori ke proses yangmemerlukan.
  3. Mendealokasikan memori dari prosesyang telah selesai.
  4. Mengelola swapping antara memoriutama dan disk.
Sistem Keamanan Windows 7
Keamanan merupakan masalah vital yang perlu mendapat perhatian penuh terutama bagi pengguna komputer yang terhubung dengan jaringan baik lokal maupun internet. Selain itu, penggunaan media penyimpan eksternal seperti flash disk, harddisk eksternal, kartu memori sering kali menjadi sasaran utama dari serangan serta penyebaran virus. Alangkah baiknya jika data di dalam komputer di backup dan system Windows 7 juga di backup.
v Pengaturan Sistem Keamanan Default di Windows 7
Untuk melindungi komputer dan sistem, pastikan untuk selalu mengaktifkan pengaturan keamanan default Windows seperti berikut ini:
         Firewall, berfungsi sebagai pelindung komputer yang mencegah masuknya hackers atau program jahat lainnya yang ingin mengakses sistem komputer.
         Windows Update, berfungsi sebagai aplikasi Windows yang otomatis memeriksa dan menginstal update untuk komputer dan sistem operasi.
         Virus protection, berfungsi sebagai aplikasi pengaman dan perlindungan komputer dari serangan virus, worm, dan ancaman keamanan lainnya.
         Spyware and other malware protection, berfungsi sebagai aplikasi yang mencegah masuknya spyware.Sedangkan untuk pengaturannya dapat dilakukan dengan mengakses fasilitas Action Center. Untuk masuk klik “Start > Control Panel > System & Security > Action Center”.



 
           


















Tidak ada komentar:

Posting Komentar