Selasa, 26 Mei 2015

KALI LINUX



PERKENALAN KALI LINUX

Ø  Kali linux adalah sebuah sistem operasi (OS) Open Source yang merupakan turunan dari UNIX.
Ø  Linux adalah sistem operasi yang disebarkan secara luas dengan bebas dibawah lisensi GNU General Public License (GPL), dan Free Sofware.
Ø  Linux adalah SO yang akan terus berkembang dengan bebas.

Sejarah Linux
            Linux [LINus UniX] merupakan sebuah sistem operasi yang dibuat oleh Linus Torvalds yang terinspirasi oleh Minix [MIni uNIX]. Minix merupakan sebuah sistem operasi kecil yang dikembangkan oleh Andrew S Tanenbaum. Pada awalnya Linux merupakan sebuah proyek hobi yang dikerjakan oleh Linus Torvalds, remaja 21 Tahun yang kuliah di universitas Helsinki Finlandia.

10 Alasan Kenapa Linux Adalah Sistem Operasi Terbaik
v  Di dalam distribusi Linux terdapat software-software berharga jutaan Rupiah yang gratis atau beberapa ribu rupiah untuk kemasan Cdnya.
v  Stabil - aplikasi yang crash tidak menyebabkan sistem operasi Down
v  Reliable - Server Linux sudah biasa hidup dalam jangka waktu RATUSAN hari, dibanding Windows yang perlu diReboot secara berkala
v  Fasilitas jaringan yang istimewa, memungkinkan untuk berbagi CPU
v  Lingkungan yang ideal untuk menjalankan server, seperti Web Server, FTP Server, Authentication Server dan sebagainya .
v  Mendukung banyak prosesor sebagai standar.
v    Multi-Tasking yang nyata; memungkinkan untuk menjalankan lebih dari satu program pada waktu yang sama
v  Virus tidak akan jalan di sistem LINUX
v  Tersedia pula software komersial, jika kebutuhan tidak terpenuhi dengan software yang gratis.
v  Sistem operasi yang mudah untuk diupgrade





Soffware yang digunakan oleh  kali linux

Contoh Tampilan Kali Linux


Kali linux
             Linux merupakan sistem operasi yang relatif sulit. Dikatakan sulit di sini, salah satunya karena pengguna Linux khususnya di Indonesia kurang senang dengan tampilan dari Linux. Tetapi sekarang, karena tampilan Linux sudah menyamai Windows, maka kepopuleran OS ini mulai merangkak naik dan khususnya di kalangan pebisnis.
Maskot Linux dengan berbagai simbol jenis-jenis Linux | img by priorityoneit.co.uk
Keunggulan dari Linux yang utama adalah ‘gratis’. Ya, software ini tidak seperti Windows yang dibanderol kisaran 1,2 juta. Sistem operasi bermaskot ‘penguin’ ini bebas, gratis dan karena Linux merupakan sistem operasi open source, maka siapa saja bisa mengembangkan linux menurut versinya sendiri dan bebas menyebarkannya.
Karena Linux merupakan sistem operasi yang bebas dimodifikasi dan dipelajari, maka ini sangat bagus untuk pelajar dan mahasiswa yang ingin belajar tentang cara kerja komputer dan sistem operasi.
OS Linux banyak varian dan versi (atau umumnya disebut dengan istilah Distro) yang dibuat oleh pengembang. Sebut saja RedHat, Fedora, Debiat, Slax, dan distro-distro turunannya seperti Sabily, BlankOn (distro buatan anak negeri), Ubuntu, dan ratusan sistem operasi yang berbasiskan Linux. Karena terlalu banyak pilihan, pengguna pemula kadang bingung harus memilih yang mana.
           
Persiapan Installasi
  1. Persiapan Installasi
  2. Download Kali Linux.
  3. Burn ISO Kali Linux ke DVD atau copy Kali Linux Live ke USB.
  4. astikan komputer Anda sudah diatur untuk boot dari CD / USB di BIOS.

Prosedur Installasi Kali Linux
  1. Prosedur instalasi dari poin ini dan seterusnya mirip dengan Kali Linux Hard Disk install, hingga poin partisi, dimana Anda perlu memilih “Guided – use the largest continuous free space” yang Anda buat sebelumnya dengan gparted.


2.      Setelah instalasi selesai, reboot. Anda akan diperlihatkan dengan menu       
     boot GRUB, yang akan memungkinkan Anda untuk boot ke Kali Linux atau          
           Windows. 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar